Kirab Budaya Desa Wonokerso ngarak " Gunungan " hasil bumi Desa Wonokerso

  • Jun 19, 2023
  • Desa Wonokerso

Sabtu, tanggal 17 Juni 2023 Desa Wonokerso dalam rangka nyadran desa atau sedekah bumi legenan di adakan acara kirab budaya mengarak gunungan yang terdiri dari berbagai macam hasil bumi, ada padi, jagung, macam-macam sayuran dan buah buahan. dalam acara ini juga di ramaikan dengan acara pagelaran wayang kulit dalang ki Bambang wiji nugroho dari jogjakarta.

sebelum acara Kirab Budaya ini dilaksankan, proses pembuatan gunungan yang memakan waktu kuranglebih 2 hari ini dari pembuatan kerangka sampai dengan pembuatan penataan sayuran, buah, hasil pertanian lainnya. 

 

 

Dalam acara kirab ini disambut meriah dan sukacita dari warga masyarakat Desa Wonokerso masing-masing hadir dari pedukuhan sraman, sarirejo, wonokerso, panjer dan wonokerto bersama-sama membawa tumpeng untuk di bawa bersama kirab gunungan dari rumah bapak Kepala Desa Wonokerso Bapak Sudomo, A,Md sampai ke balaidesa Wonokerso untuk selanjutnya Doa bersama selametan legenan. 

 

Dan selesai berdoa bersama moment yang di tunggu -tunggu adalah saat hasil bumi yang ada di gunungan mulai di bagikan ke warga sangat antusias dan berhamburan untuk mendapatkan keberkahan dari Gunungan tersebut.

 

 

dalam acara kirab budaya ini alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar, dengan harapan mewujudkan Warga Desa Wonokerso dapat sejahtera , makmur, gemah ripah lohjinawi dengan hasil bumi ataupun keberkahan rejeki yang di peroleh oleh seluruh warga masyarakat Desa Wonokerso dan tentunya mewujudkan warga Desa Wonokerso yang guyup rukun bersama.