Kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2023 di Dispermdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah

  • Jul 12, 2023
  • Desa Wonokerso

Desa Wonokerso Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang tahun 2023 ini mendapat kesempatan dari Diskominfo Kabupaten Batang yang di tunjuk untuk mengikuti acara kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2023 di Dispermdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah yang di selenggarakan di Kantor Aula Swadaya gedung Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah sebanyak 86 desa ikuti acara Sosialisasi dan Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2023 pada hari Selasa , 11 Juli 2023.

Desa Wonokerso bersama Desa kecepak dan Desa Reban merupakan 3 (Tiga) Desa yang di tunjuk di Kabupaten Batang dalam mengikuti KIP (Keterbukaan Informasi Publik) Tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan informasi publik yang transparansi agar tidak adanya sengketa informasi baik dari dalam Desa maupun dari pihak luar. Dalam kegiatan yang di selenggarakan di Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah alhamdulillah dari Kabupaten Batang kami di dampingi langsung dan di fasilitasi oleh Kabib KI kominfo Batang Ibu Andari Rooska Yuseffina, S.E. dan Bapak Umar Nurdin, S.Kom. 

Dalam kegiatan sosialisasi disampaikan oleh Bapak Soleh Ketua Komisi DPRD Jawa Tengah dalam sambutannya lewat Virtual menyampaikan "60 persen sengketa informasi berada ditingkat desa, sehingga diperlukan adanya penguatan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Desa.

Dalam sesi berikutnya di sampaikan oleh Ibu Erni Sri Ardyhanti yang merupakan komisioner Keterbukan Informasi Publik Jawa Tengah juga menyampaikan "bukan hanya mendorong transparansi, melainkan juga implementasi dari yang terpilih bagi desa di tiap kabupaten akan kami nilai, dan diakhir nanti akan kami lakukan visitasi ke zona kabupaten yang memenuhi range dari penilaian SAQ dan selanjutnya akan diberikan penghargaan KIP Award bagi desa-desa yang memenuhi kualifikasi penilaian".

selanjutnya dari masing-masing desa mulai tanggal 12 juli 2023 sudah bisa mulai pengisian dan pengiriman SAQ dengan semaksimal mungkin melengkapi data data yang di butuhkan dalam keterbukaan informasi publik. Kami sampaikan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada Desa Wonokerso mudah-mudahan Pemerintah Desa Wonokerso dapat menjadi salah satu Desa yang informatif , transparansi dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

 

Penulis.adminDesaWonokerso