Mengenali dan Pencegahan dari Wabah Virus Corona

Baru-baru ini pemerintahan pusat Bapak Presiden RI mengumumkan ke semua rakyat indonesia bahwa virus corona di indonesia sudah berjumlah 117 orang yang sudah terkena virus Corona tersebut. Dari data awal hanya 2 orang yang positif terinfeksi virus corona , sekarang bertambah menjadi total 117 orang per tanggal 16 maret 2020. Bapak Presiden RI juga memerintahkan per tanggal 16 maret 2020 sampai 14 hari ke depan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. menanggapi hal tersebut , Gubernur jawa tengah bapak Ganjar memberikan kebijakan untuk semua pendidikan sekolah dari tingkat TK/ Paud, SD/MI, SMP, SMA untuk 14 hari ke depan agar belajar mandiri di rumah masing-masing. dan hal ini di tindaklanjuti langsung oleh bapak Bupati Batang Bapak Wihaji melalu surat edaran dengan nomor SE : 440/0610/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Batang. dengan harapan selama waktu efektif tersebut tidak ada aktifitas keluar rumah yang memungkinkan adanya penyebaran indikasi dari virus tersebut agar terputus rantai penyebaran virus nya. dengan mengurangi aktifitas keluar rumah ( ke pasar, tempat-tempat keramaian, mall  , dan fasilitas umum lainnya) untuk sementara waktu ini di hindari terlebih dahulu untuk mengisolasi semua warga .

perlu di ketahui Corona merupakan virus berukuran besar dengan diameter virus ini 400-500 micro, sehingga masker jenis apapun dapat mencegah masuknya ke tubuh kita , berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. virus corona tidak melayang di udara, tapi menempel di benda, sehingga penularannya tidak melalui udara
  2. apabila menempel di permukaan logam, virus corona dapat hidup di selama 12 jam, mencuci tangan dengan sabun dan air sudah cukup.
  3. apabila menempel di kain, virus corona dapat hidup selama 9 jam, sehingga mencuci pakaian dan menjemurnya di bawah sinar matahari  selama 2 jam sudah cukup untuk berjaga-jaga.
  4. berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona disekitar anak tekak (telak- Jw) dan mencegah nya kedalam paru-paru.
  5. mencuci tangan dengan sabun setiap setalah beraktifitas apapun.
  6. apabila sedang sakit (batuk, pilek) diharapkan memakai masker. agar virus tidak menyebar ke orang lain
  7. konsumsi makanan yang bergizi tinggi dan mengandung vitamin C tinggi untuk selalu menjaga sistem imun tubuh.

adapaun tanda atau gejala dari virus corona ini adalah: demam yang lebih dari suhu tubuh  38, batuk , pilek, sesak nafas, sakit tengorokan, mutah , diare, tangan kesemutan. apabila gejala tersebut ada segeralah periksa ke dokter atau Rumah sakit  untuk penanganan lebih lanjut.

dengan informasi ini diharapkan dapat membantu pengetahuan kita dalam memerangi wabah virus corona, mudah mudahan dengan Doa dan ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan dan lingkungan kita bisa terlindungi dan terhindar dari virus corona .

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan