Tradisi Sedekah Bumi “ LEGENONAN” Desa Wonokerso

jumat, 12 juli 2019 bertempat di balaidesa Wonokerso mengadakan Pagelaran Wayang Kulit Ki Mangun dari Kesesi dalam rangka acara tahunan Sedekah Bumi “LEGENONAN” di desa wonokerso.

Desa Wonokerso merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan tradisi kuno dari jaman dahulu sampai sekarang. Salah satunya setiap bulan jawa ada istilah legeno, setiap bulan legeno ini warga masyarakat desa wonokerso mengadakan sedekah bumi rutin tiap satu tahun sekali, dengan acara dimulai dengan slametan warga “ Sedekah Bumi” , dan tak jarang setiap tahunnya desa Wonokerso menyajikan dengan Acara Pagelaran Wayang.

Acara hiburan Pagelaran Wayang ini sangat menghibur warga desa wonokerso pada khususnya dan warga sekitar pada umumnya.  Dari yang menyaksikan orang tua, anak muda bahkan sampai anak- anak dan balita pun banyak yang antusias menyaksikan pagelaran Wayang yang di adakan di Desa satu tahun sekali tersebut, karena ini merupakan hajatnya semua warga desa wonokerso.

Acara pagelaran Wayang ini berlangsung selama satu hari penuh dari siang sampai dengan malam yang bertempat di depan Balaidesa Wonokerso, tahun ini desa wonokerso menghadirkan pagelaran Wayang Kulit dari Kesesi dengan dalang Ki mangun.

Pada acara pagelaran wayang ini juga memberi berkah rejeki bagi beberapa warga sekitar balaidesa bisa berjualan dalam moment hiburan desa ini. Dari jualan makanan, minuman, gorengan, mainan, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan